Definisi model pembelajaran kooperatif, ciri-ciri model pembelajaran kooperatif dan manfaat model pembelajaran kooperatif yakni tiga pokok pembahasan bahan pelajaran psikologi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Model Pembelajaran Kooperatif berdasarkan para jago didalam mencar ilmu pendidikan psikologi yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :
1. Pengertian model pembelajaran kooperatif.
2. Teori konsep model pembelajaran kooperatif.
3. Pengertian tujuan belajar.
4. Ciri-ciri model pembelajaran kooperatif.
5. Manfaat model pembelajaran kooperatif.
Pengertian model pembelajaran kooperatif
Pembelajaran kooperatif adalah salah satu metode atau model pembelajaran yang bisa dipakai oleh guru. Dengan kata lain bahwa pembelajaran kooperatif yaitu suatu proses pengajaran yang mana para siswa diajarkan (kondisikan) untuk sanggup bekerja kedalam kelompok-kelompok yang kecil dan kelompok tersebut bersifat heterogen serta dengan saling sebenarnya antara siswa yang satu dengan siswa yang lain dalam mempelajari materi-materi pelajaran yang diberikan.
Baca juga : Pengertian Belajar Dan Pembelajaran Menurut Ahli/Pakar
Adapun struktur kelompok yang terdapat pada metode pembelajaran kooperatif yakni heterogen. Kemudian pada kelompok heterogen tersebut bisa terdiri berdasarkan dari :
1. Campuran latar belakang kemampuan akademik.
2. Jenis kelamin.
3. Suku.
4. Ras.
Hal tersebut berkhasiat semoga siswa bisa mendapatkan perbedaan dan juga bisa bekerja sama pada sahabat yang berbeda latar belakang. Oleh alasannya yakni itu, metode atau model pembelajaran kooperatif mempunyai aneka macam kegunaan, baik itu manfaat untuk guru maupun manfaat untuk siswa.
Teori konsep model pembelajaran kooperatif
Berikut ini yakni teori konsep model pembelajaran kooperatif berdasarkan beberapa para ahli yang sanggup diuraikan dan dijelaskan sebagai berikut :
Pengertian model pembelajaran kooperatif berdasarkan Hamdani (2011:30) yang menyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif yakni rangkaian acara mencar ilmu siswa dalam kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dirumuskan.
Kemudian definisi model pembelajaran kooperatif berdasarkan Nurhadi (2004:112) menyampaikan bahwa pembelajaran kooperatif yakni pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi mencar ilmu guna mencapai tujuan belajar.
Baca juga : Definisi Model Dan Pendekatan Pembelajaran Menurut Para Ahli/Pakar
Pengertian tujuan belajar
Tujuan mencar ilmu adalah suatu keadaan dimana keadaan tersebut menjadi sesuatu yang ingin diraih atau dicapai oleh satuan pendidikan. Sehingga sanggup disimpulkan bahwa tujuan mencar ilmu merupakan arah yang dituju atau arah yang di inginkan oleh satuan pendidikan. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai tujuan dari belajar, sanggup kalian baca di bawah ini
Baca ini : Pengertian Tujuan Belajar Menurut Para Ahli
Ciri-ciri model pembelajaran kooperatif
Berikut ini yakni #5 ciri-ciri pembelajaran kooperatif berdasarkan Isjoni (2009:62) yang sanggup dijelaskan dan diuraikan sebagai berikut :
1. Setiap anggota mempunyai peran.
2. Terjadi kekerabatan interaksi eksklusif diantara siswa.
3. Setiap anggota kelompok bertanggung jawab atas cara belajarnya dan juga teman-teman sekelompoknya.
4. Guru membantu membuatkan keterampilan-keterampilan personal kelompok.
5. Guru hanya berinteraksi dengan kelompok ketika diperlukan.
Manfaat model pembelajaran kooperatif
Dibawah ini yakni #4 manfaat dari penerapan pembelajaran kooperatif berdasarkan hasil penelitian Morgan, dkk (2005) yang sanggup dijelaskan dan diuraikan sebagai berikut:
1. Siswa menjadi ikut aktif dalam penyelesaian problem matematika.
2. Siswa lebih termotivasi untuk berhubungan dalam kelompok daripada bersaing secara individu.
3. Siswa lebih mengutamakan rasa ingin tahu proses mencari tanggapan yang benar daripada sekedar eksklusif menerima tanggapan yang benar.
4. Guru lebih menghargai kemampuan setiap siswa dengan melibatkan setiap siswa ke dalam diskusi kelompok.
Berdasarkan pengertian, teori konsep, definisi, tujuan, ciri-ciri dan manfaat model pembelajaran kooperatif oleh para jago diatas, maka sanggup disimpulkan bahwa arti model pembelajaran kooperatif adalah suatu metode, model atau bentuk pembelajaran yang memfokuskan kepada proses atau acara saling bekerja sama dalam melaksanakan acara belajar dengan kelompok-kelompok kecil yang sifatnya heterogen semoga bisa mendapatkan kondisi mencar ilmu yang maksimal guna meraih tujuan mencar ilmu tersebut.
Demikian pembahasan mengenai definisi model pembelajaran kooperatif, ciri-ciri model pembelajaran kooperatif dan manfaat model pembelajaran kooperatif.
Daftar pustaka
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Isjoni. 2009. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.
Morgan, Dkk. 2005.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar